Langsung ke konten utama

Ceramah Tentang Keluarga

Assalamualaikum wr. wb.
Yang saya hormati teman-teman, bapak dan ibu guru, serta seluruh hadirin yang dirahmati Allah SWT.
Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. atas limpahan rahmat, berkah, dan kasih sayangnya sehingga kita dapat dipertemukan dan dikumpulkan di tempat ini. Sholawat serta salam semoga terlimpahkan kepada junjungan kita, nabi besar Muhammad SAW., beserta seluruh sahabat, kerabat, dan keluarganya. Semoga kelahi nanti di yaumil qiyamah kita mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Hadirin yang dirahmati Allah,
Pada kesempatan ini, izinkanlah saya menyampaikan ceramah yang bertemakan tentang keluarga. Keluarga adalah lembaga pendidikan pertama dan utama bagi anak-anak. Keberadaannya menjadi tonggak yang mendasari perkembangan kepribadian anak. Dari keluarga yang baik, akan muncul anak yang baik, begitupula sebaliknya.
Pendidikan yang diajarkan keluarga inilah yang akan menentukan bagaimana sifat dan sikap anak nantinya. Sebagian besar anak dibesarkan dengan penuh kasih sayang. Namun, ada beberapa yang dibesarkan segan kurang kasih sayang.
Biasanya, anak yang dibesarkan dengan kasih sayang yang berlebihan akan tumbuh menjadi manja. Sebaliknya, jika anak yang kurang kasih sayang kebanyakan akan menjadi pemberontak dan brutal. Keduanya akan menjadi tidak baik di masa depan dan anak yang seperti di atas biasanya sulit diterima oleh masyarakat.

Hadirin yang dirahmati Allah,
Dalam keluarga, sebaiknya anak diberikan kasih sayang yang cukup, tidak lebih dan tidak kurang. Karena anak yang tumbuh dengan kasih sayang yang cukup akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan kuat. Orang tua cukup mendorong dan mendukung apa yang mereka lakukan selama itu adalah kegiatan positif, bukan kegiatan negatif. Biarkanlah anak berkreasi dan tumbuh sesuai dengan usianya.
Cukup sekian ceramah dari saya. Jika ada kekurangan itu datangnya dari saya, karena sesungguhnya kesempurnaan itu hanyalah milik Allah SWT. semata.
Wassalamualaikum wr. wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Peralatan Pembuatan Film Modern

Dolby Digital (AC3) Membuat sebuah film pendek maupun film yang durasinya diatas 1 jam tadinya membutuhkan waktu yang sangat lama. Transisi dari pembuatan film yang sebelumnya menggunakan metode konvensional menjadi menggunakan peralatan modern diawali ketika Dolby Laboratories merilis sebuah standar pengkodean audio bernama Dolby Digital (AC-3), pada tahun 1991. Hal tersebut merevolusi standar pembuatan suatu film, termasuk me-modern-kan perangkat dalam pembuatan sebuah film. Perangkat yang modern tersebut ternyata dapat mempercepat durasi pembuatan suatu film, baik dalam fase produksi maupun dalam masa pasca-produksi. Berikut ini beberapa perangkat (baik software maupun hardware ) yang biasa digunakan dalam fase produksi dan pasca-produksi sebuah film: 1. Fase Produksi Kamera IMAX yang digunakan sutradara Michael Bay dalam pembuatan film Ttansformers: Revenge of the Fallen. Selain naskah dialog, alat yang pasti digunakan dalam pembuatan sebuah film adalah kamera. Tadinya, pembuata

Berita Televisi di Era Digital, Akankah Menjadi Usang?

Sumber gambar: https://id.lovepik.com/images/png-news.html Semenjak perkembangan Internet dan teknologi di bidang digital yang sangat pesat, kalimat di atas telah menjadi pertanyaan banyak orang. Salah satu contoh perkembangan tersebut adalah adanya smartphone yang telah menjadi barang yang wajib dimiliki setiap orang. Benda yang berukuran sebesar telapak tangan itu dapat melakukan sangat banyak hal, misalnya: melakukan pencurian data pribadi, memfitnah orang melalui media sosial, serta menyebarkan informasi yang tidak bisa dikonfirmasi kebenarannya. Salah satu hal lainnya yang bisa dilakukan oleh smartphone adalah menyampaikan berita terkini kepada penggunanya. Ada banyak sekali macam berita yang dapat dilihat melalui smartphone , baik dalam bentuk tulisan maupun dalam bentuk visual, seperti infografis atau video pendek. B anyak stasiun televisi nasional yang telah mengembangkan sayapnya ke media digital. Dalam bentuk visual, hampir semua stasiun televisi tersebut memiliki akun di

Hilangnya Permainan Dampu Bulan

Permainan tradisional adalah permainan yang tumbuh dan lahir di daerah masing-masing. Permainan tradisional masih menggunakan bahan baku alami dan cara pembuatannya pun memiliki perbedaan di masing-masing daerah. Seiring berjalannya waktu dengan banyak bermunculan permainan digital , game online, dan lainnya. Hal ini membuat permainan tradisional terbenam dari kesenangan anak-anak. Permainan tradisional seolah hanya kenangan masa kecil yang tidak layak diperjualbelikan pada era modern seperti ini, contohnya permainan dampu bulan. Dampu bulan merupakan permainan tradisional yang berasal dari Betawi. Bermain dampu bulan biasanya dilakukan di halaman yang luas atau di lapangan yang permukaannya tanah. Dampu dimainkan di sebidang tanah yang arena permainannya berbentuk kotak-kotak yang berjumlah 9. Petak-petak di permukaan tanah dibuat dengan menggunakan kapur atau pecahan genting. Permainan ini biasanya dimainkan oleh dua orang atau lebih, baik anak laki-laki atau perempuan. Setiap